Selasa, 27 November 2007

POSTES SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA PELAJARAN EVALUASI PENGAJARAN GEOGRAFI SEMESTER GANJIL 2003

Oleh: FACHRI THAIB
Lembaga Penelitian
Dibuat: 2007-11-27 , dengan 1 file(s).
Keywords: Geografi,Motivasi,Mahasiswa,Belajar

Subject: Tes dalam pedoman pendidikan
Call Number: 371.26 Tah p

Abstrak

Penelitian ini betujuan untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa setelah diadakfn postes pada Program Studi Geografi FKIP Universitas Lampung.

Dalam penelitian ini dipergunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan karakteristik intervensi skala kecil, bersifat partisipatif, berkolaboratif, dan melalui putaran-putaran spiral atau bersildus. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas Mata Pelajaran Evaluasi Pengajaran Geografi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2003-2004 yang diikuti oleh 42 orang mahasiswa.
Instrumen penelitian adalah daftar hadir mahasiswa, daflar observasi kegiatan dosen
mengajar, daflar observasi keg iatan/motivasi mahasiswa belajar dan tes. Data yang terkumpul ditabulasi, dirata-ratakan, didesknpsikan, diinterpretasikan dan selanjutnya disimpulkan.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan postes di akhir setiap perkuliahan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa.

Hubungi kami:

DL Name: Lampung University Library

PublisherID: LAPTUNILAPP

Organization: Lampung University

Contact: Perpustakaan Universitas Lampung

Address: Jl.Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1

City: Bandar Lampung

Region: Lampung

Country: Indonesia

Phone: 62-721-706352

Fax: 62-721-706351

Admin Email: dedi[at]unila.ac.id

CKO Email: library[at]unila.ac.id


sumber : http://digilib.unila.ac.id/go.php?id=laptunilapp-gdl-res-2007-fachrithai-850

Tidak ada komentar:

Posting Komentar